Selasa, 21 September 2021

Brimob Batalyon B Gelar Apel Kesiagaan Power On Hand Kapolda Sulut,Serta Pengamanan Pilkada

JM.COM –Satuan Brimob Batalyon B Pelopor Polda Sulut, menggelar Apel Kesiapsiagaan Power On Hand Kapolda Sulut, bertempat di lapangan upacara, Mako Brimob, Desa Inuai, Kabupaten Bolaang Mongondow, Jumat (2/10).

Apel tersebut dipimpin langsung Komandan Batalyon B Pelopor Brimob, Kompol Alowisius Londar SIK. Dan bertindak sebagai komandan apel yakni Danki I, AKP Agung Widodo SIK.

“Kegiatan kita untuk Power On Hand Kapolda Sulut hari ini, adalah sebagai bentuk tanggung jawab kita sebagai pasukan Brimob. Dimana Kapolda yang memiliki pengerahan kekuatan, yang menjadi power on hand atau tangan kanan beliau adalah pasukan Brimob. Jadi kapan pun diperintahkan, dimana pun ditugaskan kita selalu siap dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kompol Alowisius.

Lanjutnya, terkait pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), pasukan Brimob sudah diploting dalam tugas pengamanan pesta demokrasi di wilayah Sulawesi Utara.

“Jadi dalam operasi Mantap Praja, Brimob sudah diploting untuk tugas dalam pengamanan Pilkada di wilayah Sulawesi Utara. Khusus di Batalyon B, kita terploting untuk tugas pengamanan Pilkada, 1 kompi PHH dan 1 tim anarkis di wilayah Bolaang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Timur. Jadi personil sudah kita siapkan dan kita rutin melaksanakan pelatihan. Kemudian yang menjadi fokusnya adalah kita sosialisasikan lagi tentang peraturan Kapolri sehingga penekanan bapak Kapolri dalam hal netralitas, kemudian profesionalisme, kita tunjukan dalam pelayanan pengamanan,” ujarnya.

Selain itu, terkait penegasan terhadap netralitas Pasukan Brimob di lapangan dalam menghadapi Pilkada di dua wilayah Bolaang Mongondow Raya, itu telah diatur dalam peraturan Kapolri (Perkap).

“Di Bolmong Raya ada dua Daerah yang akan melaksanakan Pilkada. Yakni Boltim dan Bolsel, untuk itu selalu berhati-hati dan pintar-pintar dilapangan, tidak boleh ada kesan mendukung salah satu Paslon. Sesuai dengan peraturan penindakan disiplin atau pelanggaran kode etik, sudah diatur dalam Peraturan Kapolri,” tegasnya.

“Yang menjadi penekanan kita, terkait tindakan atau pengamanan anggota di lapangan yang tanpa disadari sudah mendukung salah satu pasangan calon. Itu jangan sampai terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, Batalyon B Pelopor Polda Sulut menyiapkan 150 pasuka untuk pengamanan Pilkada Bolmong Selatan dan Bolmong Timur.

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *