Tak terima,Namanya Di Sebut Terang Menderang Dalam Pemberitaan Terduga Kasus Pencabulan Bakal Tempu Jalur Hukum

JM.COM,BOLTIM- SM alias Ul, oknum ASN di salah satu daerah  yang berada di Bolaang Mongondow Raya (BMR) mengungkapkan  keberatan terkait  dengan pemberitaan beberapa media yang menyebut nama, pekerjaan dan tempatnya bekerja secara lengkap dalam berita dugaan kasus pencabulan.

“ Saya mengaku bersalah. Tapi pemberitaan itu saya tidak setuju, karena setiap pemberitaan harusnya dicantumkan inisial saja. Saya merasa keberatan sekali, karena dengan pemberitaan itu saya sangat merasa malu,” Ucap  SM.

Dengan adanya kejadian ini dirinya  mengaku  berencana melaporkan beberapa media yang memuat pemberitaan tersebut ke Dewan Pers.

“ Saya sudah membaca berita itu, karena ada beberapa teman yang memberitahukan ke saya. Saya akan laporkan ke Dewan Pers karena ini berkaitan dengan privasi saya,” Tegasnya .

Terkait dengan hal tersebut. salah satu Tokoh Masyarakat Boltim, Hendra Damopolii, menyayangkan beberapa media online yang memberitakan dugaan kasus tersebut dengan menyebut identitas lengkap terduga pelaku.

“ Kasus ini masih berproses di kepolisian. Kasihan terduga pelaku dan keluarganya. Teman-teman (wartawan) harusnya melindungi juga privasinya, serta selalu mengutamakan asas praduga tak bersalah,” ujarnya.

menurutnya,media harusnya berperan dalam mengedukasi masyarakat, dan tidak hanya sekadar mengejar klik atau viewer dari produk berita yang disebarluaskan.

“ Misalnya untuk kasus tertentu yang punya kemiripan nama dan tokoh tertentu sebagai pemantik agar berita itu jadi viral. Sementara aspek pencegahan atau nilai edukasi dan dampak negatif dari berita itu terabaikan,” tambahnya JUR (*)

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *