Bupti Sam Sachrul Buka Kegiatan Penyusunan Standar Harga Tahun Anggaran 2022

 JurnalMongondow.com-Bupati Sam Sachrul secara resmi  membuka kegiatan penyusunan standar harga tahun anggaran 2022, bertempat di Hotel Lagoon, Manado, Rabu (16/6/2021).

Dalam sambutanya Bupati mengatakan, rapat tersebut membahas tentang pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dimana didalamnya terdapat berbagai proses menuju pelaksanaan penggunaan anggaran pada tahun depan.

“Pentingnya acara ini tentunya terkait dengan proses perencanaan penggunaan anggaran tahun 2022,” kata bupati.

Bupati juga mengatakan, kegiatan diadakan agar semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mampu memahami tugasnya secara komprehensif, sesuai dengan visi yaitu efisiensi dan efektifitas.

“Efektif dalam menggunakan waktu diperlukan dalam proses kajian, penyusunan hingga pelaksanaan kegiatan, untuk itu semua diharap dapat lebih maksimal,” harapnya.

Lanjutnya, tahapan perencanaan merupakan salah satu instrumen terpenting dalam hal pengelolaan keuangan daerah dan kualitas pelaksanaan pengelolaan keuangan akan sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang disusun dengan baik pula.

“Hal ini tentunya harus didukung SDM pengelola keuangan yang lebih mumpuni sejak awal perencanaan penganggaran, guna mewujudkan percepatan pembangunan di kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” kata Sachrul.

Lebih lanjut dikatakan bupati, pelaksanaan kegiatan ini sangat penting karena adanya standar harga yang sesuai dengan aturan yang berlaku dapat membawa beberapa manfaat berupa penetapan plafon anggaran pada saat PPAS, menentukan kewajaran biaya kegiatan, efisiensi anggaran, penentuan anggaran berdasar tolok ukur kinerja yang jelas, mengefektifkan penentuan besaran alokasi anggaran pada kegiatan hingga ketepatan waktu dalam penyusunan anggaran.

“Hal ini agar hasil dan capaian kinerja yang disusun diharapkan benar-benar efisien dan efektif sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik dan keberpihakan kepada masyarakat,” jelasnya.

Mengingat penting dan strategisnya kegiatan yang diselenggarakan, Sachrul pun meminta kepada para peserta agar mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Ikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab agar dapat terwujud sistem pengelolaan keuangan yang baik dalam rangka mengelola keuangan daerah secara transparan, ekonomis, efisien, efektif dan akuntabel,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan itu diikuti 30 peserta dari 25 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Boltim dan akan berlangsung selama 4 hari, dimulai 16-19 Juni 2021. Turut hadir dalam pembukaan, Wakil Ketua DPRD Boltim Meydi Lensun, Sekda Boltim Ir Sonny Waroka Ph.D, serta Asisten I Setda Boltim, Priyamos SH.

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *