Selasa, 21 September 2021

Tingkatkan Pelayanan, Imigrasi Kotamobagu keluarkan Konsep Eazy Passport Jemput Bola

JurnalMongondow.com-Ditengah pandemi Covid-19 ini, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu membuat layanan jemput bola untuk pembuatan paspor yang dinamakan Eazy Passport atau pelayanan paspor diluar kantor.

Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Kelas II Kotamobagu, Usman SE MH, menjelaskan, layanan Eazy Passport untuk mempermudah masyarakat membuat paspor tanpa harus ke kantor imigrasi.

“Eazy Passport adalah salah satu program dari Kementerian Hukum dan Ham dalam hal ini Direktorat Jenderal Imigrasi, untuk mendekatkan pelayanan kita kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Jadi, masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi untuk pengurusan paspor. Nanti petugas imigrasi yang akan mendatangi pemohon untuk melakukan foto dan wawancara di lokasi yang telah ditentukan,” terang Usman, Kamis (13/8/2020).

Namun kata Usman, Eazy Passport ada persyaratannya yaitu minimal sebanyak 30 sampai 50 pemohon.

“Tapi ini ada persyaratannya, tidak boleh hanya satu dua orang, karena sifatnya kolektif. Arahan dari Direktorat Jenderal Imigrasi itu sekitar 50 pemohon. Namun, dalam hal ini kita melihat juga, sudah ada 30 pemohon bisa kita layani,” katanya.

Usman juga menambahkan, untuk memberikan pelayanan service kepada masyarakat, pihaknya menyiapkan mobil perangkat yang siap melayani masyarakat dimana saja.

“Contohnya orang sakit, kalau tidak bisa datangkan ke Kantor Imigrasi, kita bisa langsung ke tempat baik kerumah maupun ke rumah sakit untuk pembuatan pasport. Dengan catatan, kalau orang sakit harus ada keterangan sakit dari dokter,” imbuh Usman, seraya menambahkan, dalam pelaksanaannya, program pelayanan ini akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *