Pekan Depan Kota Kotamobagu,Terimah Penghargaan Kota Sehat

JMC.com-Pemkot Kotamobagu.kembali mendapat penghargaan, hal ini dengan diterimanya  undangan sebagai daerah  penerimah  penghargaan Kota Sehat, yaitu Swasti Saba dari Kementerian Kesehatan dan Kementrian Dalam Negeri. Rencananya pemberian penghargaan tersebut akan,diterima langsung Walikota Kotamobagu Tatong Bara yang bertempat  sasana bhakti praja Kementrian dalam Negeri Selasa (28/11/2017) pekan depan.

“  penyerahan penghargaan itu, akan dilaksanakan  selasa pekan depan ” ucap  Kadis Kominfo Kotamobagu Ahmad Yani Umar.

Menurut Yani, penghargaan kota sehat mencerminkan prinsip-prinsip  tentang pola hidup bersih sehat masyarakat di suatu daerah serta penerapan  promotif (Penyuluhan tentang kesehatan)  preventif (pencegahan terkait dengan masalah kesehatan yang kemukinan akan timbul) dan  kesehatan lingkungannya, seperti sumber air bersih, kawasan tanpa rokok, layanan kesehatan,serta kebersihan lingkungan,

Penghargaan Swasti Saba diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah memberikan banyak kontribusi dan komitmen besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

“  Ada sembilan indikator sebuah kota layak mendapatkan kategori sebagai Kota Sehat,” kata mantan sekertaris dinas  Kesehatan ini.

Atas penghargaan itu lanjut Yani, Walikota Kotamobagu Tatong Bara menyatakan, penghargaan itu adalah upaya  dari pelaksanaan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terus mengalami peningkatan.

Dikatakannya, perilaku hidup sehat harus membudaya ditengah masyarakat. Karena itu, penerapan hidup sehat bukan semata tanggung jawab Dinas Ke sehatan, tapi melibatkan lintas SKPD serta masyarakat.(R1)

 

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *