Disparbud Kotamobagu, Seragamkan Tarian KABELA

 jurnalmongondow, kotamobagu-Dinas Pariwisata dan budaya (disparbud) Kota Kotamobagu mengelar Latihan Tari Kabela, tarian  yang  merupakan tari  jemputan  tamu, yang sering ditampilkan  setiap kunjungan, baik tamu dari Daerah Lokal maupun pusat .bahkan sering di suguhkan dalam  Acara pesta pernikahan dan pesta rakyat.senin( 3/3/2017)

peserta  Latihan ini diikuti oleh tiga orang,  utusan  sekolah yang ada di Kotamobagu,

Kepala Dinas Pariwisata Kotamobagu Bambang Ginoga,se saat di konfirmasi terkait dengan kegiatan ini, untuk menseragamkan tarian kabela yang sekarang sudah banyak terkontaminasi dengan gerakan tari yang modern , yang sebernaya pada aslinya, tidaka ada gerakan seperti itu

“hal ini dilakukan untuk mengseragamkan gerakan tari dan lagu terhadap tari kabela, karena tarian kabela ini di empat Kecamatan Kotamobagu, walaupun sudah kelihatan baik, akan tetapi dari sisi gerakan dan lagunya yang harus diseragamkan supaya tidak ada perbedaan dimasing-masing Kecamatan”, Ungkap Bambang.

lanjunya  keseragaman gerakan tari kebela   ini  dilakukan karena, keinginan dari pengciptanya  Erna Damopolii supaya kembali ke asli  , tutur, Ginoga.

Di tambahkanya Ini sudah merupakan kesepakatan dari seluruh pimpinan sangar yang ada di Kotamobagu termasuk budayawan untuk mengseragamkan Tari Kabela dari gerakan dan lagunya.

Walikota  kota  Kotamobagu pada setiap kesempatan selalau menghimbau  untuk dapat melestarikan budaya kita termasuk  Tari Kabela, karena tarian adat ini  merupakan tari jemputan tamu yang ada di Provinsi Sulawesi Utara.

Harapannya kedepan supaya Tari Kabela ini di Bolaang Mongondow raya ini bisa seragam secara meneyeluruh harap, bambang,(R1)

 

Komentar Facebook

komentar

About Redaktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *